[Day 1] TOT Google for Education: Cara Interaktif Mengajar Online Menggunakan Meet, Jamboard & Slide

kupuku.id 10 Juni 2020
img
Interaktif Mengajar Online Menggunakan Meet, Jamboard & Slide (Doc. Kupuku Indonesia)
Pulau pasang saat musim semi Atap berserak melayang sendiri Walau sedang masa pandemi Tetap banyak cara tuk mengembangkan diri

Hai Sobat Guru! Pantun di atas sesuai banget nih sama apa yang Kupuku dan REFO Indonesia lakukan yaitu melaksanakan Training for Trainer (TOT) Google Suite for Education. Nah, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru agar bisa memaksimalkan pembelajaran melalui daring. Kegiatan dilakukan mulai 08 - 12 Juni 2020 Mulai Pukul 08.00 - 15.00 WIB dengan tema berbeda-beda setiap harinya. Training pun diberikan oleh orang yang ahli di bidangnya yaitu Steven Sutantro yang merupakan Google Certified Trainer dan Lead Coach di REFO Indonesia.

 

Ada 20 orang guru dari 10 Sekolah di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mengikuti pelatihan ini yaitu dari :

  1. SDK Maria Fatima Bangkalan
  2. SMPK Santo Petrus Jember
  3. SDK Pembina Genteng
  4. SMP Kanisius Muntilan
  5. SMP Kanisius Temanggung
  6. SD Kanisius Sumberrejo 02
  7. SD Kanisius Pendowo Magelang
  8. SMPK Widyatama Batu
  9. SMAK Yos Sudarso Kepanjen
  10. SDK Santa Maria 1 Malang

Khusus untuk tema Hari Senin, 08 Juni 2020 bertajuk “Cara Interaktif Mengajar Jarak Jauh Menggunakan Google Meet, Jamboard dan Google Slide".

Ada 3 poin besar yang dipelajari para Sobat Guru. Check this out!

 

1. Cara Mengefektifkan Video Call dengan Hangout Meet

Guru-guru mempelajari basic penggunaan Hangout Meet untuk pembelajaran. Mulai dari belajar cara merubah username, memulai atau mengikuti meeting, merekam meeting hingga fitur-fitur kece lainnya. Guru-guru juga diinformasikan kelebihan-kelebihan yang bisa didapat dengan menggunakan Hangout meet yaitu peserta yang bisa mencapai 100 -250 pengguna, keamanan data yang terjamin hingga penggunaan gratis khusus untuk institusi pendidikan. Wow!

 

2. Berinteraksi Menggunakan Google Jamboard atau Papan Tulis Digital

Seakan-akan sekolah beneran nih Sobat Guru! Hari ini guru-guru diajarkan cara memanfaatkan Google Jamboard sebagai media untuk saling berkolaborasi sesama siswa atau pengajar. Papan tulis digital ini bisa digunakan tersedia untuk Android dan iOS dan memudahkan siswa untuk berkreasi bersama baik melalui ponsel, tablet atau komputer. Kalau mau menunjukan jawaban sama ibu guru atau sebaliknya, tinggal tulis dan oret-oret deh. Selain itu ada pilihan warna agar tulisan semakin menarik. Asyik banget bukan?

 

3. Mengajar Interaktif dengan Google Slide

Membuat, melihat atau bahkan mengevaluasi bahan presentasi bersama-sama? Kenapa nggak Sobat Guru! Semuanya bisa dilakukan di fitur Google Slide. Nah fitur ini memungkinkan siapapun yang terlibat dalam tim bisa bekerjasama untuk menyusun, mengedit, menambahkan komentar hingga menambahkan video ke dalam slide dalam waktu bersamaan. Cara yang asyik untuk mendorong kreativitas dan interaksi. Jadi terasa rame deh kegiatan belajar mengajarnya yes!

 

Buat kamu Sobat Guru yang lagi baca pasti tertarik juga kan untuk belajar? Yuk ikut ulik juga fitur-fitur Google Suite for Education untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar para Sobat Guru di era new normal :)

Bagikan ke teman kamu

KUPUKU INDONESIA