Family Fun Day : Puncak Semarak Hari Pendidikan Nasional 2023 Bersama Kupuku Indonesia

kupuku.id 30 Mei 2023
img

Sabtu (27/05/2023) Kupuku Indonesia perdana mengadakan offline event bertajuk “Puncak Semarak Hari Pendidikan Nasional 2023 : Family Fun Day” di Perpustakaan Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Adapun acara ini merupakan acara puncak dari rangkaian acara yang sebelumnya sudah dilaksanakan di antaranya Instagram Live BISIK 45, Lomba Cover Lagu Cegah Kekerasan Seksual “Totelala” dan Online Workshop Kelas Guru TK “The Power of Play”.

Acara ini dimeriahkan oleh bintang tamu istimewa yaitu Watiek Ideo (Penulis Buku Anak Best Seller), Nina Deka (Pegiat Literasi) dan Essenza Quranique Bachreisy (Founder @sarangcerita).

Essenza yang akrab disapa Kak Echa mengisi kemeriahan acara anak di Bilik Bermain Lantai 4 dengan mengajak anak-anak menyanyikan lagu pencegahan kekerasan seksual “Totelala” (Tolak-Teriak-Lari-Lapor), mendongeng hingga bergerak bersama melalui music & movement. Sedangkan di ruangan lain, Kak Watiek dan Kak Nina menjadi narasumber dalam Offline Talk Show “Serius Main-main untuk Mengasah Fokus dan Daya Berpikir Kritis Anak”.

“Masya Allah, Allah pilihkan jalan yang bikin bahagia dengan bersinergi bersama membuat karya untuk anak-anak bersama orang-orang yang inspiratif, salah satunya upaya pencegahan kekerasan seksual lewat cerita, lagu dan permainan.” Tulis Kak Echa di akun Instagramnya @essenzabachreisy.

Di sesi terakhir, para anak dan orang tua diajak seru-seruan dengan bermain aneka card game dan board game. Salah satu yang paling meriah adalah ketika peserta secara berkelompok memainkan board game “Aku Anak Berani, Lindungi Tubuhku”. Permainan ini menuntut fokus, kekompakan serta kreativitas masing-masing anggota dalam menyebutkan anggota tubuh pribadi yang harus dilindungi. Tak jarang, gelak tawa terdengar di sepanjang permainan.

“Ikutan event Kupuku Indonesia salah satunya tentang pencegahan kekerasan seksual pada anak. Bagus banget sih ini. Wajib ajari anak-anak untuk berani Tolak-Teriak-Lari-Lapor jika berhadapan dengan situasi yang menyeramkan.” Ujar Desti Putri Tiararini, salah satu peserta yang hadir.

Kak Watiek yang setahun belakangan berkolaborasi secara online dalam praktik baik bersama Kupuku Indonesia, menyatakan perasaan haru-nya ketika perdana berkolaborasi dalam acara tatap muka.

“Selain orang-orang yang saya rasa tulus dan hangat, saya juga merasakan Kupuku memiliki visi yang jelas untuk kemajuan pendidikan. Saya berharap seluruh program Kupuku bisa sukses.” Ujar Kak Watiek melalui unggahannya di Instagram @watiekideo.

“Terima kasih untuk seru-seruannya kemarin. Senang rasanya bisa berkolaborasi bersama.” Tambah Kak Nina.

Kupuku Indonesia berharap acara ini dapat memberikan dampak baik dan berkelanjutan bagi anak dan orang tua, khususnya dalam upaya melindungi anak dari kekerasan seksual serta meningkatnya kreativitas orang tua dalam memberikan permainan edukatif bagi anak.

Acara ini juga sekaligus menjadi upaya meningkatkan keintiman interaksi program secara langsung dengan para Sobat Kupuku khususnya di wilayah Jabodetabek. Tidak menutup kemungkinan acara offline akan kembali diselenggarakan dalam waktu mendatang.

Sampai jumpa lagi, Sobat!

 

Bagikan ke teman kamu

KUPUKU INDONESIA