6 Tips Membangun Kebiasaan Makan Sehat pada Anak Balita

kupuku.id 24 Agustus 2022
img

Anak-anak di Indonesia masih dihantui oleh masalah "Triple Burden Malnutrition", yaitu kekurangan gizi (wasting, stunting), kelebihan gizi (obesitas) dan kekurangan zat gizi mikro (anemia).


Jika orang tua tidak aware terhadap pencegahan masalah ini khususnya pada periode usia emas anak, maka fenomena ini akan menjadi mata rantai yang tak pernah putus hingga ke generasi-generasi selanjutnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memenuhi gizi seimbang pada anak setiap harinya.

Perhatikan Pilar Gizi Seimbang berikut ini :

  • Konsumsi aneka ragam pangan
  • Pola hidup bersih dan sehat
  • Aktivitas fisik rutin
  • Menjaga berat badan ideal

Pilar gizi seimbang dapat diwujudkan melalui upaya membangun kebiasaan makan sehat pada anak sejak dini. Rima Sumayyah Ahmad selaku Nutritionist Mocava Indonesia memaparkan 6 Tips Membangun Kebiasaan Makan Sehat pada Balita melalui Talk Show "Penting Cegah Stunting : Cerdas Maksimalkan Nutrisi di Masa Emas" yang diselenggarakan Kupuku Indonesia beberapa waktu lalu. Yuk simak tips mudahnya berikut ini :

  1. Membentuk kebiasaan baik

Contoh : Kebiasaan mengkonsumsi pilihan makanan sehat dan bergizi seperti sayur, buah, aneka sumber protein hewani dan nabati, lemak baik serta menghindari konsumsi makanan cepat saji.

  1. Menjaga Hubungan yang Sehat dengan Makanan

Contoh : Bantu anak mengenal rasa lapar serta hindari menggunakan makanan sebagai hukuman atau hadiah.

  1. Hindari memaksa anak menghabiskan makanan

Berikan porsi makanan sedikit demi sedikit serta kombinasikan dengan jenis makanan lainnya. 

  1. Utamakan mengatur porsi

Contoh : Cara termudah untuk mengajarkannya adalah dengan menggunakan petunjuk visual: satu kepal tangan untuk porsi nasi, pasta, atau serealia; ukuran telapak tangan mereka untuk porsi daging; dan lemak seperti mentega hanya sebesar ujung ibu jari anak.

  1. Mengawali hari dengan sarapan sehat

Contoh : Menyajikan menu sarapan khas Indonesia yang mengandung gizi seimbang seperti paket nasi uduk lengkap dengan lauk pauk dan sayuran.

  1. Buat kegiatan fisik yang menyenangkan 

Contoh : Bersepeda bersama, bermain bola, lari pagi, dll.

“Ada pepatah bilang “Anda adalah apa yang anda makan”. Pepatah Hipocrates tersebut menggambarkan bahwa pola hidup sehat juga dipengaruhi pola makan kita. Jadi, asalkan pola makan kita sesuai dengan prinsip Pedoman Gizi Seimbang maka sehat menjadi jaminannya. Banyak makanan yang alami dan murah harganya bisa berkualitas secara gizi misal tempe sebagai salah satu sumber protein nabati yang sangat baik. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak makan bergizi karena mahal harganya.”- Rima Sumayyah Ahmad, Narasumber Talk Show "Penting Cegah Stunting : Cerdas Maksimalkan Nutrisi di Masa Emas"

 

Bagikan ke teman kamu

KUPUKU INDONESIA